Jumat, Desember 22, 2023

Sempat Menikah Dengan Pria Lain Lalu Bercerai, Donna Harun Masih Istri Sah Romy Soekarno karena Belum Ada Ikrar Talak

Donna Harun diketahui sempat menikah dengan pengusaha tambang Alisyahrazad Hanafiah alias Ad Hanafiah pada 26 Juli 2019. Pernikahan ini sempat ditentang oleh anak Donna Harun, Jeje Soekarno. Dikarenakan, Donna Harun ternyata masih berstatus istri sah cucu mantan presiden Soekarno yang juga pengusaha crazy rich, Hendra Rahtomo alias Romy Soekarno.

Donna Harun dan Ad Hanafiah menikah di Jakarta pada 26 Juli 2019 dan resepsi di The Edge Villa Pecatu, Uluwatu, Bali, 27 Juli 2019. Sayangnya genap dua tahun membina rumah tangga, hingga mereka resmi bercerai pada 23 September 2021.

Pasalnya diketahui bahwa Donna Harun menggugat cerai mantan suami keduanya, Hendra Rahtomo alias Romy Soekarno pada 2015.

Isu alasan perceraian Donna Harun dan Romy Soekarno saat itu lantaran Donna Harun dikabarkan selingkuh dengan sejumlah pria lain, termasuk Krisna Murti Wibowo.

Tak hanya itu, sejak tahun 2005, ibu Ricky Harun dan Jeje Soekarno ini memang dikabarkan berkali-kali dekat dengan sejumlah pria lain saat masih menjadi istri sah Romy Soekarno.

Donna Harun sudah lama melewati sidang perceraiannya dengan Romy Soekarno di Pengadilan Agama Jakarta Selatan berlangsung selama tiga tahun sejak 2015. Hingga akhirnya gugatan balik talak cerai Romy Soekarno terhadap Donna Harun sudah diputus sejak 2018.

"Perkara atas nama DH dan RS itu sudah selesai kemarin di tahun 2018, sudah diputus," ucap Hj. Taslimah selaku Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, dikantornya, Jumat (22/12/2023).

"Mereka tidak mengajukan upaya banding, jadi 14 hari kemudian itu sudah inkracht," Taslimah meneruskan.

Melihat hal ini, pihak Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Hj. Taslimah mencoba menjelaskan dari sisi hukum. Ia mengatakan kalau salah satu pihak istri dikabarkan menikah lagi dengan pria lain sebelum ikrar talak maka belum dikatakan telah resmi bercerai.

Hal ini yang terjadi pada sidang perceraian antara Donna Harun dan cucu Soekarno, Romy Soekarno.

"Kalau salah satu pihak meninggal sebelum ikrar talak, berarti ya belum cerai. Kan yang putusan pertama itu baru diberi izin untuk menjatuhkan talak kepada istrinya yang ketahuan menikah lagi dengan pria lain," kata Taslimah di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2023).

"Kalau istrinya ketahuan menikah lagi dengan pria lain, siapa yang mau menyampaikan talak cerai? Kalau suami tidak menyatakan talak atau cerai, berarti tidak terjadi perceraian," jelas Taslimah.

Dengan begitu, status dari Donna Harun dan Romy Soekarno sendiri ialah cerai hidup karena dianggap bahwa mereka masih berstatus sebagai suami dan istri.

"Cerai hidup. Statusnya cerai hidup, karena statusnya mereka masih suami istri," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar