Rabu, Maret 20, 2024

KPK Ancam Jemput Paksa Ricky Harun Jika Mangkir Lagi

KPK mengatakan sudah memanggil aktor Ricky Harun untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan tersangka mantan pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo. Namun Ricky Harun mangkir dari pemeriksaan.

"Tahun lalu kan dipanggil, yang bersangkutan juga mangkir tidak hadir tanpa konfirmasi," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jaksel, Senin (18/3/2024).

Ali mengatakan tim penyidik KPK akan menjadwalkan lagi pemeriksaan terhadap Ricky Harun pada Kamis (21/3/2024). KPK mengancam menjemput paksa suami Herfiza Novianti itu bila mangkir lagi dari panggilan pemeriksaan.

"Saat ini tim penyidik KPK menjadwalkan kembali terhadap saksi saudara Ricky Chinaldy Pratama Harun untuk hadir pada hari Kamis tanggal 21 Maret 2024," kata Ali.

"Pada kesempatan ini, kami kembali mengingatkan terhadap saksi saudara Ricky untuk kooperatif hadir memenuhi tim penyidik KPK, karena tentu berikutnya sesuai dengan mekanisme di dalam hukum acara, KPK juga dapat menjemput paksa terhadap saksi dimaksud bila kemudian kembali mangkir dari panggilan tim penyidik KPK," imbuhnya.

KPK masih melakukan penyidikan terkait kasus TPPU dengan tersangka Rafael Alun Trisambodo. KPK pun menemukan dan menyita mobil Honda Mobilio putih saat menggeledah rumah Ricky Harun di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten. Temuan mobil Honda Mobilio itu kini didalami turut menjadi bagian dari kasus TPPU.

Ricky Harun rupanya menerima kartu kredit dari Rafael Alun sejak akhir 2021 dengan limit mencapai Rp50 per bulan. Selain kartu kredit, Ricky Harun juga mendapat mobil Honda Mobilio putih dari Rafael Alun.

Posisi Ricky Harun sebagai Komisaris PT HK Metals Utama membuat yang bersangkutan masuk pada pusaran isu dugaan tindak pidana pencucian uang Rafael Alun Trisambodo yang kini belum masuk pada proses hukum.

Padahal, PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) mengungkapkan telah memblokir puluhan rekening terkait Rafael Alun Trisambodo dengan nilai transaksi mencapai Rp500 miliar dalam empat tahun terakhir.

"Tentu KPK akan dalami lebih lanjut kepemilikan mobil tersebut termasuk apakah ada kaitan dengan dugaan TPPU yang saat ini KPK sedang lakukan," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2024).

Penggeledahan di rumah Ricky Harun dilakukan pada Senin (18/3/2024). Ali mengatakan KPK telah berkoordinasi dengan Polri terkait temuan dan penyitaan mobil Honda Mobilio di rumah Ricky Harun di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten. KPK juga mendalami kepemilikan senjata api itu turut menjadi bagian dari TPPU yang menjerat Rafael Alun Trisambodo.

"Karena kita tahu modus TPPU saat ini begitu kompleks. Bisa jadi membelanjakan, menyamarkan, menyembunyikan asal-usul dari hasil tindak pidana korupsi sebagai predikat crime-nya, sebagai tindak pidana asalnya yang menjadi kewenangan KPK saat ini," ujar Ali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar