Jumat, Mei 17, 2024

Sempat Tertunda, Sidang Kasus Penistaan Agama Donna Harun Akhirnya Digelar

Setelah sempat tertunda, sidang kasus penistaan agama yang menimpa artis senior Donna Harun akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 20 Mei 2024 nanti.

Sidang perdana dugaan penistaan agama yang dituduh dilakukan oleh ibu aktor Ricky Harun, Donna Harun akan dijadwalkan pada Senin, 20 Mei 2024.

Sidang dilangsungkan kurang dari tiga bulan setelah nenek empat cucu itu mengeluarkan pernyataan tentang umroh setelah murtad, dibaptis kembali masuk katolik, dan resmi memeluk agama katolik.

Sebelumnya, Donna Harun ditetapkan sebagai tersangka kasus penistaan agama pada 14 Juli 2023, karena dilaporkan mantan suaminya, Alisyahrazad Hanafiah alias Ad Hanafiah. Donna Harun diduga kembali mengikuti jejak sang kakak Sandy Harun memeluk agama terdahulunya, yaitu Katolik. Kembalinya Donna ke Katolik diduga melanggar penistaan agama.

Nenek empat cucu itu dijerat Pasal 156a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penodaan Agama dan Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946. Polisi menetapkan Donna Harun sebagai tersangka kasus penistaan agama.

Seperti diketahui, Donna Harun memang merupakan seorang yang memeluk agama Katolik. Namun, ia bersama saudaranya yang lain memilih untuk mualaf dan memeluk agama Islam. Setelah bertahun-tahun menjadi seorang muslim, Donna Harun dikabarkan kembali menganut agama Katolik.

Namun, jalan Donna Harun kembali ke Katolik tampaknya tak begitu mulus. Sebab, ia dilaporkan oleh mantan suaminya, Alisyahrazad Hanafiah alias Ad Hanafiah ke Kapolres Metro Jakarta Selatan atas kasus penistaan agama.

Donna Harun kembali ditangkap polisi di sebuah kafe kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada 7 Desember 2023 lalu. Ibu Ricky Harun itu ditangkap polisi terkait kasus penistaan agama. Donna Harun yang dilaporkan mantan suaminya, Alisyahrazad Hanafiah alias Ad Hanafiah atas dugaan penistaan agama. Kasus penistaan agama yang dilakukan Donna Harun itu ditangani Polres Jakarta Selatan.

Tak hanya itu, Donna Harun juga terseret kasus narkoba.

Namun ibu Ricky Harun itu kini divonis 6 bulan rehabilitasi atas kasus penyalahgunaan narkoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar