Jumat, November 24, 2023

Donna Harun Ditetapkan Jadi DPO Buronan Kasus Penistaan Agama

Polres Jakarta Selatan secara resmi telah menetapkan tersangka kasus penistaan agama Donna Harun masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) usai beberapa kali mangkir.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan Donna Harun kembali tak datang dalam panggilan terakhir yang dijadwalkan hari ini, Kamis (23/11/2023).

"Selanjutnya penyidik akan terbitkan DPO dan pencekalan kepada yang bersangkutan," kata Ade Ary dalam jumpa pers.

Dia menyebut pihaknya juga akan melakukan upaya paksa terhadap Donna Harun. Baik dengan memanggilkan orang terdekat Donna Harun maupun upaya paksa lain.

Menurut Ade Ary, sejak pemanggilan terakhir, polisi telah mencari keberadaan Donna Harun namun tak ditemukan. Polisi telah berkoordinasi dengan Imigrasi maupun sejumlah maskapai penerbangan untuk mencekal Donna Harun kabur ke luar negeri.

"Kami sudah koordinasi dengan pihak Imigrasi maupun beberapa maskapai penerbangan namun belum kami dapatkan yang bersangkutan melaksanakan penerbangan," katanya.

Donna Harun dilaporkan mantan suaminya, Alisyahrazad Hanafiah alias Ad Hanafiah ke Polres Jakarta Selatan pada 3 Mei 2023.

Ibu Ricky Harun ini merupakan awalnya penganut agama Katolik, lalu ia sempat memeluk agama Islam. Sementara itu, ibunya juga memeluk agama Katolik. Hal tersebut baru saja diketahui oleh publik setelah Donna Harun mengunggah potret dirinya mengunjungi makam sang ibu dengan tanda salib di batu nisannya.

Donna Harun telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penistaan agama. Nenek empat cucu itu dijerat Pasal 156a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penodaan Agama dan Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946.

Rupanya Donna Harun diam-diam kabur ke Hamburg, Jerman untuk menjalani pengobatan kanker rahim.

Padahal, Donna Harun juga sudah dicegah keluar negeri hingga Januari 2024. Polisi menduga Donna Harun sembunyi lantaran pihaknya tengah mengusut dugaan penistaan agana.

Donna Harun telah ditangkap tiga kali, termasuk pada Maret 2022 karena ia diduga melakukan perzinahan dengan Bara Tampubolon yang dilaporkan mantan suami keduanya, Hendra Rahtomo alias Romy Soekarno, lalu mantan model senior itu kabur ke Arab Saudi untuk umroh. Ketika umroh, Donna Harun ditemani Ricky Harun.

Tak lama kemudian, Donna Harun kembali dijemput paksa polisi lalu kembali masuk penjara. Setelah kejadian itu, ia divonis delapan bulan penjara. Donna Harun pun bebas dari penjara pada 16 Oktober 2022.

Namun, tak lama kemudian pada November 2022 karena Donna dituduh menggunakan narkoba. Setelah berasa di sel sslama empat bulan, ia dikabarkan kembali bebas dari penjara pada 17 Maret 2023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar