Minggu, Mei 21, 2023

Sambil Menangis, Dinna Olivia Ungkap Alasan Perceraian Dengan Anton Subowo

Dinna Olivia menggugat cerai Anton Subowo ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada 12 April 2023.

Sebelumnya, Dinna Olivia melaporkan sang suami atas tindak dugaan KDRT ke Polres Jakarta Selatan pada Desember 2022.

Pihak kepolisian belum lama juga membeberkan hasil visum bahwa benar adanya sejumlah luka lebam pada tubuh, mata dan wajah Dinna Olivia.

Selain KDRT, Dinna Olivia juga menyebut suaminya selingkuh di belakangnya.

Mario Lasut menjelaskan alasan kuat Dinna Olivia menggugat cerai Anton Subowo.

Kuasa hukum menyebut jika Dinna Olivia mengalami kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT selama 12 tahun belakangan.

Lebih tepatnya pada tahun 2011 silam, Mantan model sekaligus ibu 2 anak itu mendapat KDRT dari sang suami.

"Dengan perkara yang sekarang sedang dialami oleh suaminya memang tidak ada relevannya ya," terang Mario.

"Yang benar itu persoalannya sudah sejak tahun 2011," timpal Mario.

Selama 12 tahun, Dinna berusaha mempertahankan dan menunggu perubahan dari sang suami.

Mario mengatakan, bahwa dengan adanya permasalahan KDRT ditambah dengan perselingkuhan Anton dengan sejumlah wanita lain, psikologis Dinna sedikit terganggu.

Mario mengatakan jika Anton dan Dinna sering berbeda pendapat.

Hingga menurut Mario, kejadian KDRT yang cukup fatal terjadi pada 2022 lalu.

"Terjadinya KDRT yang fatal itu tahun 2022," terang Mario.

Lebih lanjut, Mario mengungkapkan, Anton Subowo seorang yang temperamental.

Anton Subowo sering melampiaskan sikap tempramental tersebut kepada istrinya, Dinna Olivia.

"Kalau secara prinsipal Bu Dinna belum cerita banyak, mungkin ke depannya Bu Dinna sendiri yang akan klarifikasi," terang Mario.

Namun Mario mengatakan, Dinna Olivia tetap ingin menceraikan suaminya, Anton Subowo.

Anton Subowo sudah diperiksa oleh penyidik Polres Metro Jakarta Selatan, terkait kasus KDRT yang dilaporkan oleh Dinna Olivia, sang istri.

Polres Jakarta Selatan, Kombes Ade Ary Syam Indradi, membeberkan saat jalani pemeriksaan, Anton bersikap kooperatif.

"Posisinya sudah dilakukan pemeriksaan. Dia kooperatif," kata Kasatreskrim Polres Jakarta Selatan, Kombes Ade Ary Syam Indradi saat dihubungi awak media, Kamis malam (11/5/2023).

Ade mengatakan pihak kepolisian sudah memeriksa Anton Subowo sesuai laporan Dinna Olivia.

Namun Anton Subowo membantah bahwa dirinya melakukan KDRT.

"Ada yang dibantah, ada. Intinya gitu, sebagian dibantah," jelas Jimmy Samma.

Tak hanya sekali Dinna Olivia dan suaminya, Anton Subowo, terlibat pertengkaran.

Kalau sudah begitu, Dinna jadi bulan-bulanan suaminya yang gampang main tangan kalau emosinya tersulut.

Anak-anak, menurut Dinna, pernah menyaksikan KDRT yang dialaminya. Mereka sampai menangis.

"Tahu, anak-anak," kata Dinna Olivia saat ditemui di gedung Komnas Perempuan, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2023).

Sambil menangis, Dinna Olivia mengungkapkan alasan perceraiannya.

Dinna Olivia mengaku sering cekcok dengan Anton Subowo. Ia sampai tertekan dengan perlakukan suaminya tersebut.

"Yang pasti kalau saya merasa sudah tersakiti secara lahir batin, saya merasa tertekan juga, banyak yang saya alami yang tidak semestinya seorang istri diperlakukan," ungkap Dinna Olivia.

Namun, Dinna menegaskan suaminya itu tak pernah melakukan kekerasan pada kedua anaknya, sekalipun sedang dalam emosi yang tinggi.

"Nggak ada," ujarnya.

Tapi hal itu tak diindahkan oleh Anton Subowo. Selama 15 tahun menanti, ia akhirnya memutuskan untuk menggugat cerai putra mantan ketua KONI Rita Subowo itu.

"Berarti ada sesuatu yang memang saya tahan selama ini, yang saya nggak mau menyakiti siapapun dengan saya harus bicara ini ke media. Banyak yang harus saya simpan sendiri, demi privasi anak saya. Jadi saya minta tolong sama teman-teman pers, ini bukan sesuatu yang mudah buat saya. Saya juga ingin pemberitaannya jangan yang menggiring opini yang tidak baik gitu. Karena saya punya anak dan saya ingin privasi kita dijaga," pungkas wanita berusia 40 tahun itu.

Tidak hanya menjadi korban KDRT, Dinna Olivia pun menyebut telah memergoki perselingkuhan suaminya melalui telepon genggam milik Anton Subowo.

"Saya nemuin tertangkap basah sendiri kok saya melihat dari HP-nya," kata Dinna Olivia, Jumat (12/5/2023).

Bahkan menurut Dinna Olivia, sebenarnya perselingkuhan itu telah terjadi sejak tahun 2013.

Namun dirinya baru mengetahui bahwa Anton Subowo selingkuh sejak 2016.

"Saya selama menikah enggak pernah cek-cek hp-nya baru saat itu saya ditunjukkan sama Allah bukti perselingkuhannya," tambah Dinna Olivia.

Menurutnya, perselingkuhan ini berdampak banyak bagi dirinya dan keluarganya. Dinna Olivia mengaku mengalami depresi hingga bobot tubuhnya turun drastis.

Konon, Anton diduga berselingkuh dengan sejumlah wanita lain.

Sejak mengetahui Anton berselingkuh, Dinna pun berubah sikap.

"Jadi akhirnya berubah perasaan pernikahan itu. Saya selama menikah tidak pernah sekalipun melakukan hal-hal yang tidak-tidak," ucap Dinna Olivia.

"Setelah saya mengetahui hal itu, 2016 saya sudah berbeda, akhirnya saya menjalani pernikahan ya sudahlah, saya sendiri, dia sendiri," tambah Dinna.

Selain diselingkuhi, Dinna Olivia pun mengaku menjadi korban KDRT. Ia menunjukkan foto-foto saat ia mengalami Kekerasan Dalam Rumah Tangga oleh Anton Subowo.

Dinna memperlihatkan mata dan wajahnya yang mengalami luka lebam serta hidungnya diperban.

Ia terlihat pada foto itu memiliki wajah yang baruk dan tak lagi cantik.

"Akhirnya bongkahan es dan akhirnya pecah juga. Dan KDRT itu sudah sering terjadi walaupun intensitas setahun berapa kali, dan saya memiliki bukti-buktinya," kata Dinna sembari menunjukan foto-foto di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/3/2023).

"Iya matanya lebam, ini saya lupa tahun 2016 ada, tahun 2018 juga ada. Banyaknya di muka sih, sudah lama ya, lupa saya," tambah Dinna.

"Saya memutuskan terjadi pertengkaran di bulan Desember lalu, saya rasanya sudah cukuplah," ucap Dinna Olivia yang berurai air mata.

Dinna Olivia mengatakan akan menceritakan semua poin di Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan.

Dalam kesempatan itu, bertepatan pula dengan pemanggilannya perihal kasus kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT.

"Makannya besok saja saya cerita apa saja yang sudah dilakukan kepada saya," ungkap Dinna Olivia.

"Jadi besok saya akan cerita semuanya, saya pun kaget apa yang sudah dilakukan ini juga tidak menyangka."

"Di Komnas Perempuan, karena saya dipanggil terkait KDRT," imbuhnya.

Dalam polemik ini, pihak keluarga Anton Subowo merasa nama baik mereka tercemar.

Namun Dinna Olivia juga merasa demikian sejak sang suami kini masih menetap di China.

"Nama baik saya juga sudah dicemarkan, dicemarin terus dari kemarin."

"Nama saya yang selalu disalahkan, suami kenapa-kenapa salahkan saya," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar