Rabu, September 13, 2023

Donna Harun Diperiksa Polisi, Jadi Tersangka Penistaan Agama karena Ikut Jejak Sang Kakak Kembali Pindah Agama Katolik


Artis senior Donna Harun memenuhi paggilan tim penyidik Polres Jakarta Selatan usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama terkait kembali berpindah agama dari Islam ke Katolik, Rabu (13/9/2023).

Donna datang dengan menggunakan baju merah celana putih didampingi dua perempuan yang merupakan asistennya.

Kuasa hukum Donna, Sandy Arifin juga ikut mendampinginya dan langsung menuju ke ruang penyidik.

Tak banyak komentar yang diucapkan Donna. Dia hanya mengatupkan tangan dan langsung masuk ke ruang penyidik.

"Terima kasih ya, saya ke dalam dulu," kata Donna singkat.

Wakil Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Henrikus Yossi mengatakan, penyidik sebelumnya telah memeriksa sejumlah saksi termasuk mantan suami Donna, Alisyahrazad Hanafiah alias Ad Hanafiah.

Sebelum penetapan tersangka, penyidik sudah melayangkan surat panggilan terhadap Donna.
Namun, dia tak menghadiri panggilan itu tanpa memberikan alasan jelas. Karena tak ada tanggapan, polisi kembali melayangkan panggilan kedua.

Penyidik mengancam akan menjemput paksa ibu Ricky Harun itu jika tak memenuhi panggilan tersebut.

Setelah itu, Donna pun membuat klarifikasi di media sosial serta datang ke Mapolres Jakarta Selatan untuk memberi keterangan.

Sebagai informasi, Donna Harun dilaporkan mantan suaminya, Alisyahrazad Hanafiah alias Ad Hanafiah ke Polres Jakarta Selatan pada 3 Mei 2023. Ibu Ricky Harun dan Jeje Soekarno tersebut diduga kembali menyusul sang kakak Sendy Harun memeluk agama terdahulunya, yaitu Katholik. Kembalinya Donna ke Katolik diduga melanggar penistaan agama.

Ibu Ricky Harun ini merupakan awalnya penganut agama Katolik, lalu ia sempat memeluk agama Islam. Sementara itu, ibunya juga memeluk agama Katolik. Hal tersebut baru saja diketahui oleh publik setelah Donna Harun mengunggah potret dirinya mengunjungi makam sang ibu dengan tanda salib di batu nisannya.

Kemudian, Donna Harun dijemput paksa oleh pegawai Kejaksaan Negeri Bogor, Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Selatan di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (16/3/2022) siang terkait kasus perzinahannya dengan Bara Tampubolon yang dilaporkan cucu mantan presiden Soekarno yang juga mantan suami kedua Donna, Hendra Rahtomo alias Romy Soekarno. Ibu Ricky Harun tersebut langsung dijebloskan ke Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Pada November 2020, Polres Jakarta Selatan menetapkan Donna Harun dan Bara Tampubolon sebagai tersangka. Polisi menyebut Donna terbukti melakukan perzinahan dengan sejumlah pria lain.

Selain itu, Donna Harun bersama anaknya, Ricky Harun juga sempat melaksanakan ibadah Umroh ketika Donna melarikan diri dari penjara. Lalu, ia kembali tertangkap dan ia dinyatakan bebas pada 16 Oktober 2022.

Tak lama kemudian, Donna Harun terjerat kasus narkoba pada 18 November 2022. Hingga akhirnya saat di dalam penjara, Donna memutuskan untuk kembali ke gereja dan kembali memeluk agama Katolik.

Donna Harun kembali bebas dari penjara pada 17 Maret 2023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar